Cara Melakukan Audit SEO: 6 Langkah yang Harus Diambil

Kenapa penting harus tahu cara melakukan audit seo? Sebagian besar bisnis sekarang, baik perusahaan kecil atau besar, membuat situs web mereka sendiri. Banyak yang menyadari bahwa di era transformasi digital ini, mereka yang tidak memiliki situs web akan kalah dalam persaingan.

Beberapa bisnis yang tahu sedikit lebih banyak tentang digital marketing menyadari bahwa tidak cukup untuk hanya memiliki website. Anda harus tahu bahwa jika pengguna internet tidak dapat menemukan situs web Anda dalam mesin pencari. Anda tidak akan dapat menjual sebanyak mungkin produk Anda atau menyediakan layanan Anda secara online.

Estimasi waktu baca: 8 menit

Inilah sebabnya mengapa Search Engine Optimization (SEO) mulai dikembangkan oleh spesialis digital marketing. SEO Spesialis yang berbeda akan merekomendasikan cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu untuk meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian. Beberapa dari mereka akan fokus pada strategi digital marketing secara keseluruhan. Meskipun orang lain mungkin lebih peduli dengan aspek teknis audit SEO. Anda dapat mencari beberapa daftar audit SEO yang disarankan untuk memastikan Anda tidak melewatkan apa pun.

Berikut adalah beberapa langkah penting yang harus Anda ambil saat melakukan audit SEO:

1. Audit Peringkat WEB Anda

Sebelum Anda mendalami audit SEO teknis, Anda harus terlebih dahulu mencoba memahami mengapa peringkat website Anda seperti saat ini. Untuk dapat melakukan ini, Anda juga harus memahami apa yang dilakukan pesaing Anda.

Ini benar apakah Anda meng audit website sebagai bagian dari teknik search engine optimization Anda atau Anda meng audit website untuk pertama kalinya.

audit seo peringkat website

Proses Ini akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang mengapa peringkat website atau blog Anda mencapai saat ini di antara situs-situs dengan tema, topik, atau konten yang serupa.

Nilai peringkat adalah bahwa Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dilakukan pesaing Anda dalam bidang tindakan yang sama. Anda dapat menggunakan informasi ini dan analisis tolok ukur SEO untuk mengubah strategi digital marketing Anda sesuai kebutuhan. Ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mencapai tujuan Anda dan mendapatkan peringkat website dalam SEO website yang lebih tinggi terhadap pesaing Anda.

2. Periksa Duplikat Indeks Hasil Pencarian

Setelah Anda melakukan benchmarking untuk meningkatkan peringkat, Anda dapat memulai audit SEO teknis Anda dengan memeriksa apakah ada duplikat situs Anda di indeks mesin pencari Google. Sangat mungkin bagi situs web Anda untuk memiliki versi yang berbeda di Google search Index, seperti:

  • http://www.namasitus.com
  • http://namasitus.com
  • https://www.namasitus.com
  • https://namasitus.com

Seorang pengguna mungkin tidak melihat perbedaannya, terutama jika mereka tahu Anda memiliki semua versi ini. Tetapi ini penting dalam audit SEO karena mesin pencari akan memperlakukan duplikat ini sebagai variasi berbeda dari situs web Anda. Jika Anda memiliki versi yang berbeda di Google search Index, ini akan berdampak negatif pada peringkat website SEO onpage Anda.

3. Periksa Apakah Anda Memiliki Tindakan Manual

Anda juga harus memeriksa apakah Anda telah menerima tindakan manual dari Google search console. Anda biasanya akan menerima ini jika situs web Anda telah melanggar Pedoman Kualitas Webmaster Google. Sebelumnya terkenal sebagai manual penalties.

Anda perlu menyelesaikan masalah ini karena akan menyebabkan peringkat situs Anda drop bahkan di degradasi dari mesin pencari google. Anda tidak akan bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi sampai google search console membalikkan tindakan manual. 

audit seo tindakan manual

Tindakan ini dapat merujuk ke halaman tertentu atau ke seluruh situs web Anda. Hal terburuk yang dapat terjadi di sini adalah bahwa Google mungkin menghapus hasil pencarian seluruh situs Anda. Anda dapat melihatnya di Google Search Console. Anda akan menemukan tab “Keamanan dan Tindakan Manual” dan ketika Anda mengklik ini, Anda akan melihat tautan tindakan manual jika Anda menerimanya. Saat Anda mengklik ini, Anda akan membuka halaman di mana Anda akan melihat status masalah tindakan manual.

4. Audit SEO Site Experience dan Core Web Vitals

Selain audit SEO teknis Anda, Anda juga harus memeriksa site fundamentals and core web vitals. Ini berdampak pada pengalaman pengguna dan kecepatan situs, jadi Anda harus melakukan hal berikut:

  • Analisis kecepatan situs Anda menggunakan Google PageSpeed ​​Insights
  • Pastikan situs web Anda menggunakan HTTPs
  • Pastikan situs web Anda mobile-friendly
audit seo core web vitals

5. Analisis Audit SEO Masalah Indeksasi Google Search Console

Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk menganalisis lebih lanjut jika ada masalah pengindeksan lain yang ada. Buka halaman Cakupan di bawah tab yang menu sebelah kiri “Indeks”. Dari sinilah Anda akan melihat wawasan tentang masalah dalam cakupan dan halaman yang google search console kecualikan. Anda juga dapat melihat di sini apakah halaman valid atau memiliki peringatan.

Jika Anda melihat kesalahan dalam tab ini, ini berarti ada masalah yang dapat mencegah situs Anda dirayapi dan diindeks dengan benar. Anda harus segera menyelesaikan masalah ini. Beberapa masalah dan kesalahan umum di sini adalah sebagai berikut:

  • Ada halaman di peta situs Anda yang memiliki atribut noindex.
  • Ada halaman di peta situs web Anda yang diblokir agar tidak dirayapi oleh file robots.txt.
  • Peta situs Anda berisi halaman yang menampilkan kesalahan 404.

Anda perlu membersihkan kesalahan ini segera setelah Anda menemukan atau menemukan penyebabnya. Anda juga harus memperhatikan daftar URL situs yang dikecualikan atau broken link. Ini adalah halaman yang ada dalam situs web Anda tetapi telah dikeluarkan dari indeks hasil search engine Google. Beberapa halaman ini termasuk:

  • Halaman dikecualikan dengan atribut noindex.
  • Halaman yang sedang dialihkan saat dimuat.
  • Anomali dalam perayapan
  • Masalah kanonisitas
  • Halaman yang dirayapi tetapi tidak diindeks
  • Halaman yang menampilkan pesan kesalahan Not Found (404)
  • Halaman yang telah diblokir oleh file robot.txt Anda
audit seo index sitemap

Cari tahu apa yang menyebabkan masalah dan kesalahan sebelum Anda mencoba memperbaikinya. Beberapa dari mereka tidak memerlukan perbaikan lebih. Ada penjelasan lain yang mungkin untuk mereka. Pertama, Anda mungkin melihat sejumlah halaman yang google kecualikan dan dialihkan jika Anda baru saja bermigrasi ke situs baru.

6. OnPage SEO Audit

Anda juga harus meng audit situs web Anda untuk setiap masalah SEO onpage. Penting untuk meng audit website dan elemen SEO onpage di halaman situs web Anda. Anda harus memanfaatkan peluang ini untuk mengoptimalkan situs web Anda, terutama ketika itu adalah sesuatu masalah yang dapat Anda lakukan dan memiliki kontrol lebih atas itu. Berikut adalah beberapa contoh masalah SEO onpage:

  • Mengoptimalkan tag judul, deskripsi meta, dan tag header
  • Membuat optimasi pada konten
  • Menambahkan tag alt gambar
  • Membangun struktur internal link untuk saling menautkan halaman

Kesimpulan

Tidak seperti yang terpikirkan banyak orang, cara melakukan audit SEO tidak sesulit itu. Tapi itu memang membutuhkan pengetahuan dasar tentang cara kerja search engine. Anda juga perlu memiliki beberapa pengetahuan teknis dan keterampilan untuk melakukan pekerjaan SEO audit. Hal baiknya adalah sekarang ada banyak aplikasi dan tools audit SEO yang tersedia secara online. Beberapa dari mereka memiliki versi gratis, tetapi Anda tidak akan dapat menggunakan fitur dan fungsi lanjutan kecuali Anda mendapatkan versi premium. 

referensi :

https://search.google.com/search-console/about

https://pagespeed.web.dev/

https://developers.google.com/web/

andreasem logo

AndreaSEM.com Performance Marketing Specialist: An experienced marketing professional who maximizes results through high-performing marketing strategies.

Rekomendasi

Jasa Iklan Google Ads

Toolbox

Event

Karir