Facebook Ads: Panduan Lengkap (Step by step)

Meskipun Facebook Ads tampaknya sulit digunakan untuk rata-rata pengguna namun begitu Anda memahaminya, bagaimanapun ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Dalam posting blog ini, saya akan mengajari Anda cara menggunakan Iklan Facebook dan beberapa tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari iklan di media sosial.

Apa itu Facebook ads?

Facebook Ads adalah cara yang bagus untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada masyarakat melalui social media khususnya pengguna facebook. Ini adalah alat pemasaran yang hebat untuk bisnis dari semua ukuran dan anggaran. Ada berbagai jenis iklan yang dapat Anda pilih, tergantung pada apa yang ingin Anda promosikan.

Iklan Facebook telah digunakan oleh banyak perusahaan dan orang yang berbeda, tetapi masih ada beberapa hal yang tidak diketahui orang tentangnya. Artikel ini akan mengajari Anda cara kerja iklan Facebook dan apa yang dapat Anda lakukan dengannya sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan bisnis Anda dengan lebih baik.

Social media marketing adalah cara yang ampuh bagi bisnis untuk mempromosikan produk mereka dan meningkatkan pendapatan. Ini adalah strategi pemasaran yang relatif murah dan dapat dilakukan dalam skala kecil atau besar.

Beriklan di media sosial termasuk menggunakan platform seperti Facebook dan Twitter untuk menjangkau pelanggan yang secara aktif menggunakannya. Pemasaran di media sosial adalah cara untuk menyebarkan pesan Anda, menumbuhkan basis pelanggan Anda dan meningkatkan eksposur produk Anda dan sangat efektif untuk berbagai tujuan sebagai pelaku usaha.

Cara Kerja Facebook Ads

Seperti yang kita semua tahu, facebook ads adalah cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda. Mereka dapat digunakan untuk semua jenis tujuan, seperti mempromosikan konten di situs web Anda, mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, atau bahkan hanya mendapatkan lebih banyak suka di halaman Facebook Anda.

Facebook ads bekerja dengan menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan untuk menargetkan audiens yang Anda inginkan. Anda juga dapat memutuskan negara, kelompok usia, dan jenis kelamin mana yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan Anda juga. Jenis iklan Facebook yang paling populer adalah yang ditargetkan pada orang-orang yang tinggal di dekat tempat Anda tinggal (penargetan geografis).

Kenapa Menggunakan Facebook Ads

Dari data resmi facebook, lebih dari 1,6 milliar pengguna facebook terhubung dengan bisnis kecil melalui platformnya dan lebih dari 2.000.000.000 orang mengkases facebook setiap bulan.

Ada 74 juta pengguna facebook dari indonesia dan juga facebook mengklaim bahwa 74% iklan in-streamnya tidak bisa di skip.

Peluang besar dangan mempromosikan bisnis diplaform yang memiliki pengguna aktif yang besar bahkan terbesar di dunia, dengan strategi facebook marketing yang tepat kita tentu akan menjangkau lebih banyak orang yang cocok dengan produk dan layanan kita.

Pattern Interest

Pola atau kebiasaan anda di sosial media seperti instagram dan facebook bisa anda drag & drop menjadi iklan facebook, misalnya orang atau halaman yang anda sukai, group atau komunisat yang anda ikuti, minat anda dan circle atau jaringan teman anda.

Gratis Fanspage

Kita bisa membuat halaman facebook secara gratis untuk menunjang social media marketing facebook. Sebisa mungkin jangan beriklan di facebook menggunakan akun profile pribadi, kenapa? Karena fanspage memang sudah didesain oleh facebook untuk bisnis, dan profile untuk hanya sekedar berinteraksi. Ubah dulu profile anda menjadi profile bisnis atau konten kreator.

Multi Channel

Dengan menggunakan facebook ads, kita bisa melakukan iklan untuk menjangkau pengguna instagram, ya.. bahkan instagram shopping sekalipun.

Dengan fanspage anda bisa membuat API, facebook pixel dan facebook manager insight yang lebih baik.

Creative Shop

Fb ads menawarkan inspirasi iklan dari beberapa brand atau perusahaan yang telah sukses beriklan di beberapa platformnya, dengan berbagai format iklan. Anda bisa mengembangkan kreativitas iklan anda secara maksimal dengan sumber daya yang dirancang untuk membuat iklan facebook. Anda bisa mendownload nya secara GRATIS.

Facebook Ads Manager

Ads Manager adalah alat pengelola iklan dari facebook untuk membantu membuat iklan, mengelola, dan mengukur kinerja iklan yang sedang di jalankan, baik di facebook, instagram. Dan audience network. Facebook ads manager juga menawarkan seperangkat alat bagi pengiklan untuk menganalisis kampanye mereka dan mengoptimalkannya berdasarkan data yang telah mereka kumpulkan, baik melalui facebook pixel yang telah di install ke website.

Jenis Iklan di Facebook Ads Manager

Ada banyak jenis iklan, termasuk iklan video, iklan gambar, iklan carousel, dan iklan koleksi. Artikel ini akan membahas praktik terbaik untuk setiap jenis iklan serta cara menggunakannya secara efektif untuk memaksimalkan anggaran iklan Facebook Anda.

Iklan Video Facebook Ads

Video dalam fb ads sangat bervariatif dan merupakan salah satu yang paling di rekomendasikan oleh facebook untuk di gunakan, 82% traffic seluler facebook berupa video. Video bisa ditayangkan dalam bentuk in-stream, tayangan slide, cerita IG dan ada bentuk video yang bisa dimainkan. Bisa juga memasangkan video dan foto dalam satu iklan dengan tipe koleksi.

Ini adalah jenis iklan yang paling layak anda perhitungkan, jika ingin membuat leads dari facebook. Anda bisa mengiklankan video yang sudah anda buat sebelumnya.

Kiat: buatlah pesan materi iklan yang lugas disertai logo. Bikin tombol CTA atau tindakan yang menarik. Tarik perhatian dalam 3 detik pertama. Jaga durasi video tidak lebih dari 15 detik, buat secara vertikal untuk format persegi story. Dan optimasi video tetap terlihat menarik tanpa suara.

Iklan Gambar

Jika anda ingin membanjiri website anda dengan traffik atau ingin meningkatkan kesadaran merk brand awareness, ini adalah jenis iklan yang paling pas untuk digunakan.

Gunakan gambar dengan resolusi tinggi, sebisa mungkin kurangi text dalam gambar, beri pemirsa anda satu titik fokus dalam gambar jangan gunakan terlalu banyak text yang membuat bingung. Fokus pada poin yang anda inginkan. Menurut facebook:

Text iklan yang panjang akan di tampilkan kepada lebih sedikit orang.

simak penjelasan lengkapnya disini: https://id-id.facebook.com/business/help/980593475366490?id=1240182842783684

Saya masih sering sekali melihat iklan di instagram bahkan dari digital agency yang membuka kursus fb ads menampilkan iklan penuh dengan text dan omong kosong belaka. Ya mungkin mereka hanya spend money (bakar duit investor) hehe.. canda manis. 😊

Ingat tujuan utama dari iklan gambar adalah mendapat sebanyak mungkin trafik, meningkatkan awareness, dan menyampaikan pesan secara sederhana. jadi jangan maruk… delivery semua poin anda di landingpage bukan di gambar iklan. Sederhanakan. Jadikan itu mudah diingat. Membuatnya menarik untuk dilihat.

Jika anda ingin melakukan semua itu gunakan iklan video.

Kiat: jika anda seorang digital marketing, WAJIB berkolaborasi dengan Design grapics UX/UI katakan pada temen temen desain grafis, beri saya satu gambar ilustrasi resolusi tinggi denga point of view brand anda, tanpa kalimat omong kosong. Itu menghemat waktu anda, dan tetap fokus dengan optimasi iklan daripada sibuk memikirkan desain yang menarik.

Iklan carousel di desain untuk mendorong lebih banyak aksi atau tindakan, dengan iklan ini anda bisa membuat tombol call to action yang bervariasi. Jika anda ingin memaerkan beberapa menu baru atau produk terbaru dari bisnis anda, tipe iklan ini sangat cocok untuk itu.

Pernah melihat postingan instagram sampai beberapa slide? Dan di setiap slide mengupas beberapa cerita atau tips? Ini adalah cara yang paling ampuh untuk melakukan itu. Buat sebuah cerita berlanjut dengan carousel untuk mendapat lebih banyak tindakan.

Anda juga bisa membuat konten iklan how-to. Step by step iklan dengan carousel. Bingung cara membuatnya? Inilah hebatnya facebook ads mereka menyediakan creative shop inspiration untuk melakukan pembuatan konten iklan itu. As simple as that…

Cara membuat iklan carousel

1.    Buka Facebook Ads Manager

2.    Klik +Buat

Jika anda ingin membuat untuk tayangan video story instagram pastikan beri format video dengan gaya vertikal.

3.    Masukan informasi Detail kampanye iklan, lalu klik BERIKUTNYA

4.    Setting Anggran, Jadwal iklan, Audience dan Lokasi Penempatan

5.    Pilih Halaman yang di gunakan

6.    Pilih Carousel

Pada materi iklan silahkan upload materi iklan anda dengan klik logo + atau bisa menggunakan aset secara dinamis dari katalog yang sudah anda buat.

7.    Masukan Judal, Deskripsi dan URL

8.    Isi Call to Action

9.    Publish

Iklan Koleksi

Pernah tidak anda mengamati iklan vide di feed instagram kemudian setelah anda klik iklan itu terdapat beberapa point di bawahnya yang langsung menuju IG Shop? Kurang lebih seperti itulah cara kerja iklan koleksi facebook ads. Anda cukup miliki satu video atau gambar yang ingin anda tonjolkan di ikuti beberapa produk yang terkait dengan iktu.

Dengan iklan koleksi anda bisa membuat kelompok iklan sesuai dinamis, misalnya koleksi produk terlaris, produk paling sering dicari. Ini adalah tipe iklan untuk medapatkan lebih banyak konversi.

Iklan video di bawah 15 detik dengan penyampaian gambar terkait mampu mendorong konversi ke landingpage. Perlu di perhatikan juga untuk membuat iklan koleksi anda memerlukan katalog produk.

Katalog adalah tempat untuk mengelompokan semua produk produk anda di halaman untuk di iklankan dengan facebook ads.

Cara Membuat Iklan Koleksi

1.    Buka Ads Manager di : https://id-id.facebook.com/business/tools/ads-manager

2.    Klik + Buat

3.    Pilih Tujuan

4.    Masukan Detail Kampanye

5.    Masukan URL Website

6.    Masukan Anggaran, Lokasi Penempatan Iklan, Kemudian Klik Lanjutkan

7.    Pilih Halaman Facebook yang di inginkan, hubungkan juga ke akun Instagram

8.    Pilih Koleksi

9.    Kemudia isi Judul, Deskripsi dan Link

10.    Terbitkan

Bagaimana Cara Membuat Kampanye dengan Facebook Ad Manager?

Pilih Tujuan

Pikirkan secara matang, apa yang ingin anda hasilkan dari iklan facebook ads anda?

Apakah anda ingin mendapatkan konversi ke halaman? Mendapatkan lebih banyak download ke aplikasi? Website traffic? Atau justru hanya sekedar untuk keasadaran merk brand awarennes?

tujuan iklan facebook ads

And juga bisa membuat tujuan dari kampanye sebelumnya, pilih tab Gunakan Kampanye yang Ada

Ketika anda memutuskan tujuan iklan, entah itu brand awareness, jankauan, traffic website, prospek, konversi atau pesan. Ingat baik baik bahwa ini bukanlah hal yang murah, jadi do the best of the best, berikan sentuhan yang baik bahwa kenapa merk anda layak di kenal orang. Mengapa Layanan anda lebih pantas di terima orang daripada yang lain. Apa yang membuat orang harus mendownload aplikasi anda? apapun itu pikirkan tujuan anda dengan baik.

tujuan iklan fb ads

Setelah itu, scroll kebawah dan isi nama Kamapanye anda, Klik Lanjutkan

Tentukan Target Audience Iklan Anda

Jauh sebelum anda benar benar tahu siapa yang ingin anda target. Refresh lagi pikiran anda! pikir lagi, lagi, dan lagi. Buatlah garis besar dan poin poin nya untuk produk anda pakai lah metode QUEST. Tanyakan pada diri anda, sebenarnya produk saya ini cocok di jual ke siapa sih? Dan kenapa mereka harus membeli produk saya? Apa alasan brand saya lebih bagus dari brand sejenis? Tentukan secara spesifik mungkin.

Sebuah quote apik dari simon sinek,

“Orang tidak membeli apa yang Anda lakukan, mereka membeli mengapa Anda melakukannya.”

simon sinek

Saat menentukan orang yang ingin kita jangkau, seperti: berapa range usia, lokasi, dan informasi lainnya. Intinya kita harus memilih sesuai demografi, minat dan perilkau yang menggambarkan target audience kita. Ingat satu hal “Perilaku yang menggambarkan pemirsa Anda” maksudnya apa?

Perilaku yang sering dilakukan pengguna saat menggunakan berbagai platform facebook direkam oleh cookies kemudian data itu diolah untuk pengalaman iklan yang lebih baik oleh facebook.

buat pemirsa target audience facebook ads

Jika sudah klik Opsi lainya

target audience spesifik

Tiga Poin Pemirsa Iklan Facebook

  1. Core Audience : Lokasi, Perilaku, Usia, Minat
  2. Custom Audience : Pengguna Apps, Kontak, Pengunjung Website
  3. Lookalike Audience : Pemirsa yang serupa dengan pelanggan yang sudah ada sebelumnya

Pada penempatan platform jika anda ingin tidak menampilkan iklan pada posisi-posisi tertentu silahkan pilih manual. Misalnya anda tidak ingin menampilkan iklan di sidebar facebook desktop dan lain sebagainya.

penempatan platform iklan fb ads

Anda juga bisa menyetting device yang digunakan, misalnya iklan hanya di tampilkan pada pengguna android atau ios atau hanya yang menggunakan wifi.

device penempatan iklan facebook

Optimasi Penayangan Iklan

Anda bisa memilih apakah impressi klik tautan atau menuju halaman anda pada opsi ini.

cpc iklan

Juga bisa di setting biaya per clik seperti google ads.

Pada opsi ini anda bisa memilih batas tawaran dan juga target biaya per hasil. Untuk waktu penagihan biaya iklan bisa di sesuaikan apakah ingin impressi atau thruplay cpc.

Tetapkan Anggaran Lelang Iklan

Pada proses ini silahkan pilih sesuai kemampuan beriklan anda. bisa menggunakan anggaran harian atau anggaran sepanjang masa promosi.

anggaran dan jadwal kampanye

Jika anda memilih sepanjang masa promosi artinya budget anda akan di belanjakan pada sistem lelang sesuai dengan jadwal yang sudah anda atur dan tidak akan melebihi dari yang sudah di setting.

anggaran sepanjang masa kampanye

Pada opsi ini kita juga bisa menyetting jadwal iklan sesuai jam dan hari.

setting waktu dan jadwal tayang iklan fb ads

Jika Tujuan iklan sudah di setting, Penempatan iklan sudah di konfigurasi, budget danjadwal sudah di tentukan kemudian klik Selanjutnya yang akan membahas tentang format iklan dan aset materinya.

Pilih Format iklan

Pilih apakah carousel, koleksi, dan gambar tunggal. Kemudian isi text utama iklan dan juga deskripi.

pilih format iklan fb

Aktifkan pratinjau agar lebih mudah melihat gambaran iklan anda.

Pada pilihan Destinasi

destinasi iklan fb

Masukan URL website dan Juga pilih tombol Call to Action.

Facebook Pixel

Pilih juga data peristiwa di website anda dengan facebook pixel

Hal ini sangat berguna untuk kebutuhan remarketing dan target audience lookalike misalnya.

Setelah semuanya beres, periksa kembali apakah masih ada yang terlewati atau sudah terisi lengkap, mulai dari aset atau konten iklan, judul, text utama dan deskripsi iklan. Periksa juga anggaran dan jadwal nya pastikan semuanya sudah lengkap dan sesuai.

Kemudian Klik Terbitkan.

Setelah diterbitkan, iklan anda akan di kirim ke sistem lelang facebook disinilah optimasi dan kualitas iklan anda akan teruji, dan akan di tampilkan kepada siapa iklan anda dan siapa yang berkompetisi dengan lelang tersebut.

Faktor pemenang lelang ditentukan dengan nilai total tertinggi, nilai total di pengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu: Tawaran, Estimasi nilai tindakan, dan kualitas iklan

Lima Elemen Penting dari Iklan Facebook yang Sukses

1) Kenali audiens Anda dan minat mereka: Sebelum membuat iklan, penting bagi Anda untuk mengetahui siapa yang ingin Anda jangkau.

2) Gunakan ajakan bertindak yang jelas: Tujuan dari setiap iklan Facebook adalah untuk menghasilkan klik dari pengguna. Pastikan ajakan bertindak jelas dan spesifik.

3) Pertimbangkan penempatannya: Iklan Facebook paling efektif di perangkat seluler, jadi pastikan penempatan iklan Anda sesuai dengan tempat yang paling mungkin dilihat orang.

4) Pertimbangkan harga: Harga untuk iklan Facebook bervariasi tergantung pada apa yang ingin Anda capai dan berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan.

5) Testing A/B

Mengevaluasi dan Mengelola Facebook ads

Uang sudah anda belanjakan dan Iklan sudah jalan, terus gimana kita tahu kinerja iklan kita dan sejauh mana hasilnya? Setelah anda membuat beberapa perubahan perubahan kecil dan melakukan eksperimen dengan testing. Saatnya kita mengevaluasi iklan.

Ads manager mengelompokan info dan tips untuk membantu kita mengevaluasi kampanye yang kita jalankan, memantau kinerja dan optimasi iklan selanjutnya.

Ada poin poin penting dalam ads account overview yang ditampilkan pada dasbor:

  1. Peringatan
  2. Rekomendasi iklan
  3. Tren kampanye
  4. Batas iklan

Anda dapat melihat itu dalam ads manager account.

Perbedaan Facebook Ads dan Google Ads

Apa yang membuat google ads berbeda dengan facebook ads? atau sebenarnya kedua platform ini memang tidak pernah berbeda? simak penjelasan berikut:

Konversi Device

Facebook mencatat hampir 55% user yang melihat iklan di tampilan mobile akan melanjutkan pemebelianya di tampilan desktop. Google ads tidak bisa melacak persentase ini kecuali anda menggunakan google tag manager. Facebook mampu melacak user yang sama bahkan dengan device dan browser berbeda yang belum bisa dilakukan google ads tanpa tag manager. Google analytics universal belum mengakomodir itu, mungkin ini salah satu alasan google meluncurkan GA4.

Waktu Konversi

Google melakukan pelacakan konversi saat konversi itu terjadi atau ketika ada interaksi pengguna dengan iklan, berbeda dengan facebook yang sudah melakukan konversi ketika iklan pertama kali running atau pertama kali ads diklik. Sebenarnya ini 2 perbedaan pengumpulan data yang menurut saya ambigu, dan bisa diperdebatkan dengan rasional.

Jaringan Iklan

Facebook terbatas dengan platform media sosial yang dia miliki namun memiliki pengguna aktif jutaan per bulan. Google memiliki jaringan iklan yang lebih luas dengan mitra web pihak ketiga dan platform yang dimiliki google.

Metode Pembayaran Bank Lokal

Dua duanya support bank lokal namun terdapat perbedaan waktu, dana yang masuk akan lebih lama ketika melakukan metode pembayaran bank lokal dengan google ads dibandingkan dengan facebook ads.

Model Iklan

Facebook ads dan google ads sama sama memiliki model iklan yang bervariasi, dan keduanya bisa dioptimasi.

Biaya Iklan

Meski sama sama memiliki strategi bidding dan sistem lelang, namun penilaian yang di ambil kedua paltform ini sedikit berbeda. Facebook memberi tiga jenis tawaran berdasar pengeluaran,target, dan manual. Sementara google ads dengan beberapa metode yang lebih kompleks.

Pengumpulan Data

Sebaiknya untuk data yang lebih kaya dan bervariasi iklan facebook ads bisa menggunakan website atau landingpage agar bisa di pasang facebook pixel. Iklan dengan halaman atau profil instagram hanya buang buang duit.

Facebook ads mencatat indirect conversi, multiple conv. Dan add purchase. Google ads tanpa tag manager belum mengcover tindakan itu.

Kesimpulan

Faktanya ada banyak teknik berbeda yang dapat digunakan untuk beriklan di Facebook, terlepas dari itu semua teknik periklanan yang paling efektif bervariasi tergantung pada jenis produk atau layanan yang diiklankan.

Iklan Facebook adalah salah satu metode paling populer dan efisien untuk mempromosikan bisnis. Ini adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens target Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat iklan yang menarik perhatikan target audience Anda. lebih dari itu ini akan membantu Anda meningkatkan keterlibatan dan konversi dalam jangka panjang.

Selain itu, Anda harus mencoba menggunakan gambar yang menarik, karena ini cenderung memiliki rasio klik-tayang yang lebih tinggi daripada iklan teks biasa. Kemudian Anda juga harus mencoba menggunakan tajuk berita menarik yang mendorong orang untuk melakukan tindakan.

Butuh tenaga ahli digital marketing untuk optimasi iklan facebook ads anda? atau ingin bekerja sama? Hubungi kami di kontak.

Jika anda suka dengan artikel ini silahkan share, punya pertanyaan seputar fb ads? Silahkan tinggalkan komentar di bawah. dan sebisa mungkin hindari penggunaan emoticon saat berkomentar agar tidak masuk spam. Mau konsultasi secara pribadi? Kontak saya via email atau telegram.

andreasem logo

AndreaSEM.com Performance Marketing Specialist: An experienced marketing professional who maximizes results through high-performing marketing strategies.

Rekomendasi

Jasa Iklan Google Ads

Toolbox

Event

Karir