Iklan Google Shopping Ads: Praktik Terbaik Kampanye Belanja

Home » SEM » Iklan Google Shopping Ads: Praktik Terbaik Kampanye Belanja

Google Shopping adalah pasar global besar yang merupakan cara penting untuk mengiklankan produk dan tetap kompetitif. Menggunakan Google Shopping dapat meningkatkan visibilitas Anda dan membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun, banyak pesaing menggunakan layanan periklanan Google, yang berarti sulit untuk menonjol. Mari kita jelajahi beberapa praktik terbaik untuk iklan Google Shopping yang efektif.

Google shopping ads

Estimasi waktu baca: 10 menit

Apa itu Google Shopping Ads?

Google Shopping Ads adalah mesin belanja online yang dapat digunakan pelanggan untuk mencari, membandingkan, dan membeli produk dari berbagai macam penjual. Penjual dapat mengiklankan produk menggunakan iklan Google Shopping berdasarkan gambar. Saat Anda mencari produk, Anda akan melihat bahwa Google Shopping secara otomatis tampil pada bagian atas halaman hasil pencarian.

Jika penjual mencantumkan produknya di Google Shopping, mereka dapat menampilkan produknya di halaman hasil Google tanpa harus membayar iklan. Namun, penemuan melalui penelitian organik bisa lebih sulit. Inilah sebabnya mengapa ada opsi untuk membayar kampanye pemasaran dengan iklan Google Shopping. Artinya produk Anda dapat muncul di lebih banyak hasil pencarian untuk konsumen.

Setiap iklan Google shopping akan menyertakan gambar, judul produk, harga, pengecer, dan ulasan apa pun.

apa itu iklan google belanja

Praktik Terbaik Iklan Google Shopping Ads

Ada peluang besar untuk mendapatkan bisnis dalam jumlah besar dari Google Shopping. Namun, dengan pasar yang jenuh seperti itu, penting untuk melampaui kebisingan. Pedoman praktik terbaik iklan Google Shopping akan membantu Anda menonjol dari antara yang lain dan memposisikan produk Anda dengan cara sebaik mungkin. Ayo kita simak lebih jauh!

Tentukan audiens yang ingin Anda targetkan

Sebelum menyusun semua jenis pemasaran kampanye google ads, penting untuk menentukan audiens target Anda. Ini tidak hanya akan memengaruhi gambar dan judul Anda, tetapi juga alat penargetan Google. Iklan Google Shopping memiliki alat Target Audiens yang memungkinkan Anda membuat grup berdasarkan kriteria tertentu.

  • Retargeting (Penargetan Ulang) – Buat audiens yang ditargetkan berdasarkan orang-orang yang telah mengunjungi dan berinteraksi dengan situs web Anda. Anda harus mengaktifkan pemberian tag situs global untuk mengizinkan Google Ads mengakses data ini. Dengan tag, Anda dapat membuat audiens target dari orang-orang yang telah mengunjungi situs Anda dalam 30 hari terakhir, misalnya. 
  • Similar Audiences (Audiens serupa) – Iklan Google Shopping juga memungkinkan Anda membuat Audiens serupa, yang mengambil data dari grup pengguna yang ada, seperti orang yang pernah membeli dari Anda sebelumnya.

Berikan struktur yang baik untuk kampanye Google Shopping Anda

Menggunakan struktur yang baik untuk kampanye Anda sangat penting. Mengelola struktur kampanye memberi Anda lebih banyak kontrol, tetapi perlu beberapa waktu untuk menyiapkannya. Berikut cara mengembangkan arsitektur kampanye Google Shopping yang efektif:

  1. Buat grup produk baru menggunakan atribut produk – Kategori, Merek, Jenis Produk, dan ID Item.
  2. Anda dapat membuat label khusus dengan informasi seperti volume penjualan atau margin keuntungan.
  3. Gunakan Atribut produk sebagai filter inventaris untuk menyiapkan kampanye pada jenis produk tertentu. 
  4. Anda sekarang dapat melakukan penawaran di tingkat kueri penelusuran query-level-bidding. Ini memungkinkan Anda menjalankan beberapa kampanye yang hampir identik dengan produk yang sama, tetapi menargetkan istilah penelusuran tertentu.

Identifikasi Istilah yang Tidak Relevan dan Tambahkan sebagai Kata Kunci Negatif

Menandai istilah penelusuran yang tidak relevan sebagai kata kunci negatif mencegah iklan Anda mengalami lalu lintas berkualitas rendah yang dapat membahayakan kinerja kampanye Anda. Hasilnya, tingkat konversi Anda akan meningkat.

Anda dapat memilih kata kunci negatif dengan menyortir melalui laporan istilah penelusuran di akun Google Ads Anda. Laporan ini menampilkan semua kueri penelusuran tempat iklan Anda muncul. Berikut cara mengidentifikasi kata kunci negatif dari laporan ini:

  • Istilah yang Tidak Relevan – Kueri penelusuran yang jelas-jelas tidak relevan dengan produk Anda. 
  • Istilah pesaing – Istilah pencarian bermerek yang menyertakan nama pesaing Anda. Iklan ini sering kali tidak efektif karena pengguna menelusuri merek tertentu saat mereka menggunakan istilah tersebut. 
  • Produk yang tidak Anda jual – Jika Anda muncul di hasil untuk produk yang tidak Anda jual, Anda harus mengecualikan kata kunci ini. 
  • Istilah Umum – Istilah yang sangat umum seperti “lebih tinggi” cenderung memiliki tingkat konversi yang sangat rendah.

Optimasi Judul Produk

Judul produk Anda adalah apa yang dibaca pelanggan potensial untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda. Google juga mencari judul Anda untuk memberikan hasil yang paling relevan untuk istilah pencarian tertentu. Judul ini harus deskriptif untuk memberikan informasi kepada pelanggan, sekaligus menyertakan kata kunci yang kemungkinan besar akan ditelusuri orang. Misalnya, ini adalah hasil ketika Anda mencari “Sepatu”:

Anda dapat melihat bahwa query itu terlalu umum, sebaiknya menyertakan yang berikut:

  • Nama Merek
  • Bahan
  • Type
  • Ukuran
  • Warna

Maka bisa terlihat lebih spesifik, misal nya : Sepatu Kulit Pria Hitam Size 42 Nama Brand

google shopping

Tidak perlu bingung dengan judul produk: Anda dapat melakukan pencarian untuk melihat apa yang dilakukan pesaing dan tiru dengan produk Anda sendiri. Namun, jangan menyalin secara langsung. Strukturnya bisa tetap sama, tetapi alamatnya harus unik.

Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi

Foto produk Anda adalah apa yang menjual produk Anda; Ini adalah fitur utama dari iklan dan karenanya harus khas. Titik awal yang kuat adalah memastikan produk di foto dengan latar belakang putih atau polos, sehingga menonjol dan tidak terlihat terlalu sibuk.

Sebaiknya menyewa seorang profesional untuk memastikan gambar berkualitas tinggi. Meskipun ini bisa menjadi investasi yang mahal, Anda lebih mungkin mendapatkan lebih banyak penjualan jika produk Anda terlihat menarik. Anda ingin pelanggan Anda dapat menggambarkan produk Anda dalam kehidupan mereka.

Menerapkan Strategi Akuisisi Ulasan Pada Google Shopping

Pelanggan hampir selalu membaca ulasan sebelum membuat keputusan pembelian. Memiliki ulasan positif meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan Anda dengan pelanggan Anda karena Anda jelas menyediakan produk yang memenuhi dan melampaui harapan mereka. Ulasan pelanggan yang positif mengurangi risiko bagi pelanggan saat membeli.

Selalu luangkan waktu untuk menanggapi umpan balik pelanggan untuk meningkatkan keterlibatan Anda dan mendorong lebih banyak pelanggan untuk meninggalkan umpan balik., pertimbangkan untuk menerapkan beberapa hal berikut:

  • follow up setelah melakukan pembelian agar memberikan review produk
  • minta juga untuk menulis review di sosial media mereka
  • Berikan imbalan promo ketika pelanggan meninggalkan ulasan produk

Selalu Mulai Dengan Bid Rendah

dengan biaya Google shopping yang rendah untuk setiap klik pada iklan Anda, yang dikenal sebagai cost per click (CPC). Ini berarti bahwa setiap klik harus berkontribusi pada hasil Anda untuk menghindari pemborosan uang. Jika Anda menetapkan CPC maks. terlalu tinggi, Anda akan dikenakan biaya terlalu banyak. Jika Anda menetapkan tawaran CPC terlalu rendah, Google tidak akan sering menampilkan iklan Anda. Itulah mengapa penting untuk mencapai keseimbangan yang tepat.

google shopping ads

Sebaiknya mulai dengan tawaran rendah, terutama jika Anda baru mengenal iklan Google Shopping dan ini adalah kampanye pertama Anda. Memulai dengan tawaran rendah tidak akan merugikan kampanye Anda dan akan memberi Anda waktu untuk memperbaiki kesalahan yang Anda buat. Anda sebaiknya berfokus pada membangun lalu lintas berkualitas yang menghasilkan konversi yang kuat. Anda kemudian dapat mulai meningkatkan tawaran dan mengekspos iklan Anda ke lebih banyak lalu lintas berkualitas.

Menghabiskan waktu untuk mengoptimalkan iklan Google Shopping dan menerapkan praktik terbaik akan membantu Anda meningkatkan konversi dan menumbuhkan basis pelanggan Anda. Meskipun kampanye mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk disiapkan, ROI sepadan dengan waktu Anda.

Apabila anda merasa terlalu sulit untuk melakukan itu semua, anda bisa hire jasa google ads dari andreasem.com untuk mengelola kampanye google shopping ads anda secara transparan dan rinci.

FAQ Google Shopping Ads Indonesia

Apa itu Google Shopping Ads?

Iklan google ads shopping untuk memperluas jangkauan pasar anda kepada calon pelanggan dari mesin pencari googleiklan belanja online

Apa Fungsi Google Shopping?

secara umum sebagai e katalog produk anda untuk menjangkau pasar secara global yang lebih luas.apa fungsi iklan belanja

Shopping Campaign adalah?

Kampanye belanja adalah salah satu fitur dari google ads yang berguna untuk memprosikan 1 produk ataupun beberapa katalog pada mesin pencari.kampanye iklan belanja

Google Shopping Adalah?

Platform Google belanja adalah merchant belanja online dari google untuk mempromosikan produk anda pada mesin pencariiklan belanja adalah

Google Merchant Center Apa itu?

Merchant center merupakan dashboard untuk mengelola e katalog anda pada google shopping.google merchant center


Referensi

Google Shopping Ads : https://support.google.com/merchants/answer/12280808?hl=en

Hal yang harus diperhatikan : https://support.google.com/merchants/answer/6149970?hl=en


andreasem logo

AndreaSEM.com Performance Marketing Specialist: An experienced marketing professional who maximizes results through high-performing marketing strategies.

Rekomendasi

Jasa Iklan Google Ads

Toolbox

Event

Karir