Kenali Apa saja Jenis Iklan Google Ads (Adwords)

Jenis iklan google merupakan struktur kampanye untuk cara mengatur iklan Anda. Anda dapat membuat kampanye berdasarkan lokasi, waktu, jenis perangkat, dll. Untuk menyiapkan struktur kampanye, buka Manajer Kampanye. Dari sana, klik Buat Kampanye Baru. Pilih opsi jenis iklan google ads yang paling sesuai untuk Anda. Dalam akun google ads anda terdapat berbagai macam tipe dan bentuk iklan yang bisa anda manfaatkan, berikut beberapa jenis iklan google ads yang perlu anda ketahui:

Estimasi waktu baca: 12 menit

jenis iklan google ads

Jenis Iklan Google Ads

Google Ads adalah iklan yang muncul di bagian atas hasil pencarian di Google. Jenis Iklan ini oleh pengiklan yang membayar setiap kali seseorang mengklik iklan mereka. Ada banyak jenis iklan Google Ads termasuk iklan teks, iklan gambar, iklan video, iklan bergambar, dan iklan pemasangan aplikasi. Setiap jenis iklan google ads memiliki tujuan tertentu dan paling cocok untuk situasi tertentu. Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya dan cara kerjanya.

Iklan Teks

Iklan teks adalah jenis Iklan Google yang paling umum. Tipe Iklan teks terdiri dari judul, deskripsi, dan URL (alamat situs). Saat seseorang menelusuri sesuatu, Google menampilkan iklan ini berdasarkan apa yang telah orang terlusuri sebelumnya. Jika seseorang menelusuri “makanan kucing terbaik”, maka Google akan menampilkan iklan makanan kucing kepada mereka.

Jenis iklan Google Ads Search

Iklan pencarian adalah bentuk penawaran iklan oleh Google di mesin pencari Google. Saat pengguna mengetik kueri penelusuran, Google menampilkan hasil penelusuran dalam jenis iklan yang menampilkan istilah nyata atau perkiraan yang terkait dengan kata kunci iklan Anda. Pada halaman hasil pencarian, akan ada maksimal 7 posisi iklan: 4 di bagian atas dan 3 di bagian bawah halaman.

Iklan GDN

Iklan GDN (Google Display Network) yang juga dikenal sebagai Google Display Network dapat membantu Anda menjangkau orang-orang saat mereka menjelajahi situs web favorit mereka, menampilkan video kepada teman-teman YouTube, atau memeriksa akun Gmail mereka. Saat mereka menggunakan perangkat seluler dan aplikasi seluler.

Iklan video

Di Google Ads, Anda dapat membuat kampanye video yang menarik menggunakan berbagai format iklan video yang melibatkan pelanggan dalam berbagai cara di YouTube dan di situs partner video. Format iklan video yang tersedia meliputi:

  • Iklan In-Stream yang Dapat Skip
  • Iklan in-stream tidak dapat skip
  • iklan video discovery
  • iklan isolasi
  • Iklan off-stream
  • Iklan halaman depan

Jenis Iklan google video mirip dengan iklan gambar kecuali alih-alih menampilkan gambar, iklan tersebut menampilkan video. Iklan video sangat bagus untuk mempromosikan produk atau layanan yang memerlukan demonstrasi visual. Misalnya, jika seseorang ingin belajar bermain piano, mereka dapat menonton video YouTube tentang bermain piano.

https://twitter.com/GoogleAds/status/1541798581321039875

Iklan Google Shopping / Iklan Belanja

Google Shopping adalah jenis iklan google ads yang berisi informasi mendetail tentang produk tertentu yang Anda jual. Iklan Shopping dapat berupa iklan pemasaran produk, hanya menampilkan satu produk, atau iklan display gambar produk, yang menyoroti beberapa produk terkait.

Jenis Iklan Google Shopping muncul di tempat-tempat berikut di web:

  1. Tab navigasi belanja pencarian Google (di beberapa negara)
  2. Selain hasil penelusuran di Google Penelusuran (terpisah dari iklan teks) dan Google Gambar
  3. Situs partner penelusuran Google (jika Anda menetapkan kampanye ke partner penelusuran)
  4. Google Display Network, termasuk YouTube, Gmail, dan Google Discover

Jenis Iklan Google Apps

Iklan aplikasi memudahkan Anda mempromosikan aplikasi Anda ke seluruh layanan Google. (termasuk Google Penelusuran, Google Play, YouTube, dan Google Display Network)

Tipe Iklan pemasangan aplikasi mirip dengan iklan bergambar kecuali hanya muncul di perangkat seluler. Jenis Iklan Google Apps memungkinkan bisnis mengiklankan aplikasi dan game mereka kepada pengguna. Misalnya, jika bisnis membuat game bernama “PUBG Mobile” kemudian mereka dapat membuat iklan pemasangan aplikasi yang bertuliskan “Unduh Pubg Mobile sekarang!”

Iklan Gambar

Iklan gambar mirip dengan iklan teks kecuali daripada menampilkan deskripsi teks, iklan tersebut menampilkan gambar. Jenis Iklan gambar sangat bagus jika Anda ingin mempromosikan produk atau layanan yang tidak memerlukan kata-kata untuk menggambarkannya. Misalnya, jika Anda menjual makanan kucing, maka Anda dapat membuat iklan gambar yang menampilkan gambar anak kucing yang lucu.

Tipe Iklan Bergambar

Iklan bergambar mirip dengan Jenis iklan google teks dan gambar. Iklan bergambar google tampilkan dalam kolom sebelah kanan hasil penelusuran. Namun, tidak seperti iklan teks dan gambar, iklan bergambar tidak tertaut langsung ke situs web. Sebaliknya, mereka hanya memberikan informasi tentang pengiklan dan terkadang menautkan ke halaman media sosial.

Jenis Iklan Google Ads Lokal Place

Kampanye lokal ter-rancang untuk membantu bisnis memberikan informasi yang calon pelanggan butuhkan untuk memutuskan kapan dan bagaimana mengunjungi toko fisik. Kampanye lokal menyederhanakan proses ini untuk Anda, sehingga memudahkan Anda untuk mempromosikan toko fisik Anda pada seluruh layanan Google terbesar. (termasuk Google Penelusuran, Maps, YouTube, dan Google Display Network). Anda hanya perlu menambahkan beberapa baris teks, anggaran, dan beberapa aset, dan Google akan meningkatkan sisanya untuk membantu pelanggan menemukan Anda.

Apa perbedaan antara Google Ads dan SEO?

KeteranganIklan Google AdsSEO (Optimasi Mesin Pencari)
DomainYoutube dan situs web partner termasuk yang menggunakan Google AdsenseSemua mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo
TipeLebih beragam, termasuk banyak format tampilan seperti teks, gambar, video, dllLihat hanya sesuai dengan kriteria mesin pencari
PenempatanMereka muncul dalam 4 dan 3 posisi terakhir dari halaman hasil pencarian10 penempatan pencarian, muncul pada bawah 4 penempatan teratas dari Google Ads
WaktuMuncul segera setelah Anda membayar dan Anda akan memenuhi syarat untuk munculBiasanya membutuhkan 2-6 bulan atau lebih untuk meningkatkan ke puncak
KinerjaJika Anda kehabisan uang atau menghentikan kampanye, kampanye akan segera hilang di hasil penelusuranTanpa kegigihan dalam seo, web tidak akan langsung hilang dari hasil pencarian
Trafficlalu lintas hanya jika ada kampanye iklanmenghasilkan lalu lintas statis
Jangka PanjangBayar google per klik untuk mencapai jumlah pengunjung ke situsHilangnya investasi dan biaya layanan. Dalam jangka panjang, SEO jauh lebih murah
Tabel perbanding Google Ads – Perbedaan SEM dan SEO – Pencarian Organik dan iklan berbayar Paid Search

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Google Ads

Beberapa pro kontra google adwords, ketika anda menggunakan layanan ini apa saja kelebihan, keuntungan dan kekurangan Google Ads?

Keuntungan Google Ads

  1. Jangkau calon pelanggan sangat tinggi: Tempatkan iklan pada pelanggan yang mencari produk dan layanan Anda.
  2. Beberapa format iklan dan strategi penawaran membantu Anda menargetkan pelanggan yang tepat dan memperluas pasar Anda.

Kemampuan untuk secara efektif mengikuti pelanggan ketika mereka mengunjungi situs web menggunakan Pemasaran Ulang – Remarketing / Retargeting.

Kekurangan Google Ads

  • Anda harus memiliki situs web
  • Sangat kompetitif: dari 7 posisi iklan di halaman pertama hasil pencarian, 4 teratas adalah posisi iklan untuk klik terbaik.

Karena posisinya yang kecil, jika ada banyak pengiklan yang terlibat, mereka akan menawar semakin tinggi, maka menyebabkan semakin tinggi biayanya. Belum lagi lawan bisa bermain buruk, klik iklan anda, yang mengakibatkan anda kehabisan anggaran, dan tidak bisa tampil lebih banyak.

Industri dan bidang yang dapat menggunakan Google Ads biasanya memiliki salah satu karakteristik berikut:

  • Jenis produk dan layanan bermerek
  • Produk, layanan, banyak pilihan item,
  • Harga Produk dan layanan bernilai tinggi
  • Produk dan layanan tidak terlarang

Alternatif Digital Marketing Channel Selain Google Adwords

jenis jenis iklan google ads

Seperti yang kita tahu, Google Adwords adalah layanan periklanan yang Google tawarkan. Anda membuat kampanye dan menawar kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Ketika seseorang mengklik iklan Anda, mereka akan menuju ke situs web Anda yang mana mereka memiliki kesempatan untuk melakukan pembelian. Berikut daftar platform digital marketing yang bisa anda manfaatkan untuk performance marketing produk atau layanan anda selain google ads:

Facebook Ads

Facebook menawarkan layanan serupa seperti google ads yaitu Iklan Facebook ads. Anda membuat kampanye, menetapkan anggaran, memilih audiens Anda, dan kemudian mempromosikan posting Anda kepada orang-orang yang sesuai dengan kriteria Anda. Jika mereka mengklik postingan Anda, mereka menuj ke situs web Anda.

Instagram Ads

Instagram punya opsi iklan berbayar yaitu Instagram ads. Anda mengunggah foto produk Anda dan memilih berapa banyak pengikut yang ingin Anda jangkau. Kemudian Anda memilih apakah Anda ingin menampilkan iklan Anda kepada orang-orang berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, status hubungan, atau minat mereka.

Iklan Youtube

Ada dua Jenis iklan YouTube: Preferred dan non-preferred. Lebih banyak performance marketing suka, pengiklan membayar agar video mereka berada pada bagian atas hasil pencarian. non-preferred berarti siapa pun dapat menambahkan video ke halaman hasil pencarian.

Linkedin Ads

LinkedIn memilik opsi penawaran iklan berbayar untuk bisnis. Anda menargetkan kelompok orang tertentu berdasarkan industri, jabatan, ukuran perusahaan, dll. Setelah memilih audiens, Anda memutuskan jenis konten yang ingin anda bagikan (video, artikel, dll.).

Twitter Ads

Twitter punya tiga opsi untuk iklan: Tweet Promosi, Akun Sponsor, dan Iklan Tweet. Tweet yang dipromosikan muncul dalam timeline pengguna. Akun sponsor memungkinkan perusahaan membayar agar tweet mereka muncul lebih tinggi daripada yang lain di hasil pencarian. Iklan Tweet hanya tersedia untuk bisnis.

E-mail Marketing

Pemasaran email masih merupakan salah satu cara terbaik untuk beriklan. Perusahaan mengirimkan email kepada pelanggan mereka secara teratur untuk mengingatkan mereka tentang promosi, acara, penjualan, dan hal lain yang mungkin perlu mereka ketahui.

Pertanyaan umum saat menggunakan Google Ads

Bagaimana cara mengetahui bahwa iklan saya berfungsi?

Untuk memeriksa apakah iklan Anda berfungsi atau tidak, Anda dapat melakukan hal berikut:
Arahkan kursor ke kolom “Status” kata kunci untuk melihat apakah kata kunci tersebut aktif dan ditampilkan dan mengapa.
Gunakan Pratinjau Iklan dan Alat Diagnostik untuk memeriksa apakah iklan ditampilkan? Di mana dan di perangkat apa.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk iklan disetujui?

Setelah menyimpan iklan, Anda biasanya akan melihat salah satu status berikut:
Sedang ditinjau : Selama peninjauan, iklan Anda tidak akan ditampilkan hingga disetujui. Jangan khawatir, proses ini biasanya memakan waktu hingga satu hari kerja.
Memenuhi syarat : Iklan yang memenuhi syarat dapat ditampilkan di halaman tertentu selama peninjauan. Iklan masih dapat ditolak atau ditangguhkan, jadi periksa kembali setelah satu hari kerja untuk memastikan iklan tersebut telah disetujui.

Bagaimana cara melihat Skor Kualitas?

Untuk melihat Skor Kualitas, Anda harus pergi ke tab Kata Kunci dan kemudian seret kolom Skor Kualitas. Klik Kolom => Edit Kolom => Navigasikan untuk menemukan item Skor Kualitas dan centang kotak Skor Kualitas => Terapkan

Apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi biaya menjalankan iklan?

Padahal, saat menjalankan iklan Google Ads, tidak ada konsep menjalankan iklan murah yang hanya bisa ditingkatkan untuk mengurangi biaya yang terbuang percuma. Untuk mengurangi biaya dan tetap mendapatkan peringkat iklan yang baik, Anda perlu melakukan pengoptimalan iklan dan meningkatkan Skor Kualitas Anda hingga maksimum 10/10. Untuk memahami lebih lanjut, Anda dapat merujuk ke rumus berikut:
Peringkat Iklan = Bid + Skor Kualitas + Dampak ekstensi iklan.

Bagaimana jika iklan saya tidak disetujui karena salah eja?

Jika iklan Anda tidak disetujui karena salah eja, Anda perlu memeriksa iklan untuk melihat apa yang diperlukan sehingga Anda dapat menanganinya. 

Iklan ditolak karena kesalahan tidak aktif di tempat tujuan

Apabila anda melihat iklan tidak mendapat persetujuan karena link tujuan tidak berfungsi. pastikan link landingpage berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Dengan mengenali jenis iklan google ads Anda dapat membuat kampanye tepat sasaran sesuai behaviour dan menargetkan audiens tertentu berdasarkan lokasi, jenis perangkat, waktu, dll., lalu menetapkan anggaran untuk mengontrol berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan per klik (CPC).

Anda dapat memilih di antara tiga jenis iklan yang berbeda:

  • Jaringan Display – ini muncul pada bagian atas atau bawah halaman hasil pencarian, dan memiliki CPC sebesar Rp 1.500 – Rp 7.000
  • Pemasangan Aplikasi Seluler – ini muncul di dalam aplikasi seluler, dan memiliki CPC mulai dari Rp 2.000 – Rp 6.000
  • Pemasaran ulang (Remarketing) – ini muncul di situs web di seluruh web, dan memiliki CPC mulai dari Rp 3.000

Selain berbagai jenis iklan, Anda juga dapat menggunakannya untuk menjangkau berbagai kelompok orang. Misalnya, jika Anda menjual produk secara online, Anda dapat menggunakan pemasaran ulang untuk mengingatkan orang yang membeli produk Anda tentang penjualan mendatang. Jika Anda menjual layanan, Anda dapat menggunakan iklan jaringan untuk menunjukkan kepada calon pelanggan apa yang Anda tawarkan.

Contoh Iklan Jaringan Display

Iklan ini muncul di bagian atas atau bawah halaman hasil pencarian.

Contoh: “Pembuat Kopi Terbaik 2022”

Pemasangan Aplikasi Seluler

Iklan ini muncul di dalam aplikasi seluler.  Contoh: ”Iklan Flash Sale”

Refensi:

https://support.google.com/google-ads/topic/3119115?hl=id&ref_topic=10286612

https://developers.google.com/my-business/content/google-ads-integration?hl=id

https://twitter.com/GoogleAds

https://adsonair.withgoogle.com/events/adsacademy-performance-max-2022#

andreasem logo

AndreaSEM.com Performance Marketing Specialist: An experienced marketing professional who maximizes results through high-performing marketing strategies.

Rekomendasi

Jasa Iklan Google Ads

Toolbox

Event

Karir