11 Strategi Lead Generation Terbaik untuk Startup & Bisnis Kecil

Home » Digital Marketing » 11 Strategi Lead Generation Terbaik untuk Startup & Bisnis Kecil

Estimasi waktu baca: 10 menit

11 strategi Lead generation terbaik untuk startup dan UMKM yang bermanfaat untuk menjangkau calon pelanggan dan menghasilkan lebih banyak prospek.

Dengan evolusi teknologi, tuntutan dan kebiasaan konsumen di seluruh dunia telah berubah. Pertimbangkan kebutuhan konsumen sedikit lebih beragam dari beberapa tahun yang lalu, yang benar-benar berlawanan dengan yang ada saat ini. 

strategi lead generation

Dengan perubahan keadaan seperti itu, pemasar telah beradaptasi dengan cara-cara baru di mana mereka dapat menarik pelanggan. Yang cukup menarik, evolusi dunia teknologi telah bermanfaat bagi usaha kecil karena mereka sudah dibatasi oleh sumber daya yang dapat dialokasikan untuk pembuatan konten serta mendapatkan konten untuk menjangkau calon pelanggan.  Strategi Lead generation berikut telah dipikirkan terutama untuk usaha kecil seperti itu untuk menarik perhatian massa dan mengubahnya menjadi pelanggan mereka.

Apa itu Lead Generation

Strategi Lead Generation adalah langkah pertama dalam kampanye pemasaran apa pun. Ini melibatkan mengidentifikasi siapa audiens target Anda dan apa yang mereka inginkan. Anda kemudian perlu mencari tahu cara menjangkau mereka. Setelah Anda melakukan dua hal ini, Anda dapat mulai menghasilkan prospek.

Berikut 11 strategi lead generation yang bisa anda manfaatkan untuk startup dan bisnis skala kecil UMKM

Inbound Lead Generation

Apa yang awalnya tampak mustahil, sebenarnya adalah norma baru yaitu inbound lead generation. Ini mengacu pada fenomena di mana konsumen memilih untuk berinteraksi dengan perusahaan daripada sebaliknya.
Ini adalah cerminan sejati dari kekuatan media sosial dan mesin pencari. Usaha kecil mungkin merasa sulit pada awalnya tetapi kenyataannya adalah bahwa rasa ingin tahu di benak konsumen pada akhirnya akan membuatnya memilih untuk berinteraksi dengan bisnis cepat atau lambat.

Cari Iklan

Alih-alih memilih papan reklame, yang menargetkan jumlah audiens tertentu, usaha kecil dapat memilih untuk mencari iklan. Salah satu bentuk iklan pencarian yang paling populer adalah Google AdWords, diikuti oleh BingAds. Melalui penggunaan kata kunci yang cermat dan kreatif, bisnis baru dapat mendorong penjualan online menggunakan metode yang efektif ini.

Konten Marketing – Konten adalah Kuncinya

Tanpa memasukkan sumber daya dalam jumlah besar seperti yang diperlukan dalam iklan TV, usaha kecil dapat menggunakan strategi lead generation sederhana yaitu Konten marketing. Teknik ini melibatkan pembuatan dan distribusi konten secara konsisten untuk mendapatkan perhatian dari jenis audiens tertentu secara online.


Penggunaan blog dan platform media sosial seperti Facebook dan Twitter efektif dalam hal ini. Pemasaran konten mendukung departemen pemasaran media sosial bisnis kecil karena mereka mendapatkan konten yang semakin berharga untuk dibagikan secara online.
Jika anggaran memungkinkan, halaman web mereka sendiri dapat ditambahkan ke profil bisnis kecil karena calon konsumen dapat secara khusus menekan halaman web untuk mengetahui lebih banyak tentang perusahaan dan produknya.

Email Marketing – Mitra lama yang baik!

Pemasaran email adalah bentuk tradisional strategi lead geneartion sejak munculnya email. Ini dapat diandalkan dan menyelesaikan pekerjaan tanpa banyak usaha atau biaya. 

Teknik ini tidak hanya dapat diterapkan pada pelanggan masa depan tetapi juga pada pelanggan saat ini. Memang terdengar sedikit klise, bukan? Tapi ini tentu saja adalah pasangan lama yang baik.


Meskipun pemasaran email memang memiliki kemungkinan email tidak pernah dibaca atau berakhir di folder spam tetapi masih tetap relevan di dunia yang bersaing saat ini.

Video Ads – Visual melalui Teks!

Pemasaran video melibatkan sesi dekat dengan pelanggan Anda dengan menceritakan kisah Anda kepada mereka. Sangat penting bagi usaha kecil untuk berbagi perjalanan mereka dengan pelanggan daripada hanya berfokus pada penjualan produk mereka.


Video pendek dan tepat bekerja paling baik sebagai strategi lead generation. Semakin panjang klipnya, semakin banyak seseorang kehilangan minat saat menontonnya.


Baca Juga Artikel Tentang Pembuatan Iklan Video menggunakan Google Ads

Pemasaran video juga dapat digunakan oleh usaha kecil sebagai video “cara” yaitu menunjukkan kepada pelanggan cara menggunakan suatu produk, merakitnya, atau memanfaatkannya sebaik mungkin. Ini tidak hanya akan mendidik konsumen tetapi juga membuat orang lain tertarik untuk mencoba produk tersebut.

Direct Email Marketing – Kembali ke akarnya!

Salah satu strategi lead generation yang paling tradisional adalah direct email marketing. Ini berasal dari masa ketika bisnis hanya memiliki kertas dan beberapa kreativitas di atasnya.

Kartu pos, brosur, katalog adalah beberapa dari banyak metode yang bisa anda gunakan dalam menghasilkan penjualan dan strategi lead generation. Bagian yang paling menguntungkan adalah Anda “tahu” kepada siapa Anda mengomunikasikan pesan tersebut. Anggap saja sebagai kesempatan untuk melakukan sesi satu lawan satu dengan pelanggan Anda dan kemudian mencari cara untuk memanfaatkan sesi semacam itu sebaik mungkin.

Pastikan untuk menyesuaikan pesan sebanyak mungkin, karena upaya ekstra ini pasti akan membantu dalam menghasilkan prospek. Strategi cepat untuk penyesuaian adalah mengirim catatan tulisan tangan untuk berterima kasih kepada pelanggan karena telah menjadi bagian dari keluarga. Ini akan menyentuh hati calon pelanggan karena perhatian ekstra yang bisnis anda berikan pada penyesuaian dan detail kecil.

Pemasaran Momen – Menarik perhatian dalam sepersekian detik!

Pernah memikirkan bagaimana sebagai konsumen, Anda berhadapan pada berbagai bentuk iklan sepanjang hari? Fenomena ini telah terlabeli sebagai “kejutan konten”.

Kunci untuk usaha kecil adalah menyadari bahwa produk spesifik mereka bukanlah apa yang berputar di dunia. Ini adalah kebenaran yang keras tetapi tentu saja adalah kenyataan yang perlu kita terima dan akui.

Di sinilah langkah strategi lead generation pemasaran Micro-Moment masuk. sepersekian-detik adalah semua yang Anda miliki untuk menarik perhatian pelanggan masa depan. Keputusan pembelian oleh pelanggan atau calon konsumen pada saat-saat seperti itu.

Bahkan jika konsumen memutuskan untuk tidak membeli, ia mungkin akan kembali ke bisnis Anda beberapa saat kemudian jika tertarik dengan upaya pemasaran momen mikro yang Anda lakukan.
Pemasaran momen mikro harus melekat sebagai kesan pertama bisnis kecil kepada pelanggannya.

Jika kesan ini meninggalkan calon konsumen dan pelanggan sesuatu untuk diingat, dia pasti akan memeriksa kembali cepat atau lambat.

Jaringan Online – Kualitas daripada Kuantitas

Jaringan online tidak serta merta sebagai membuat produk terjual atau mendaratkan klien besar. Untuk usaha kecil, strategi lead generation ini harus fokus pada membangun hubungan jangka panjang.

Anda dapat memulai lokal dan kemudian memperluas dan seterusnya. Bisnis kecil dan besar sama-sama menggunakan LinkedIn dan Facebook. Membuat koneksi dan berhubungan dengan koneksi mereka akan membuka bisnis Anda untuk memperluas jaringan mereka dengan cepat.

Setelah Anda mempertahankan hubungan formal dari waktu ke waktu, Anda dapat beralih untuk mengembangkan hubungan pribadi. Memiliki sikap ramah, bersikap hormat dan yang tak kalah pentingnya menjadi tepat akan membantu memanfaatkan sebagian besar strategi pembuatan prospek ini.

strategi lead generation

Media Sosial

Dalam beberapa tahun terakhir, ledakan media sosial telah paling menguntungkan bisnis kecil. Strategi lead generation yang paling murah adalah menggunakan media sosial untuk berkomunikasi saat bepergian.

Bisnis kecil dapat menciptakan kesadaran mengenai merek mereka dengan menjalankan kampanye di Facebook dan platform media sosial lainnya.

Jajak pendapat dan survei juga dapat anda gunakan untuk lebih melibatkan pelanggan dalam tahap perancangan produk. Dengan jajak pendapat, strategi lead generation juga bisa meningkatkan prospek dan menjaring calon konsumen baru.

Live streaming dapat digunakan oleh usaha kecil untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen yang ingin mendapatkan detail lebih lanjut tentang bisnis atau produk tersebut. Ini mungkin menjadi platform untuk interaksi di masa depan juga.

Rujukan adalah strategi lead generation yang luar biasa karena yang perlu Anda lakukan hanyalah berbicara dengan orang-orang yang dekat dengan Anda dan menjalankan semuanya.

Rujukan dapat ter-eksekusi melalui pelanggan, teman, dan keluarga yang ada, mantan kolega, dan teman online. Pada saat yang sama, Anda harus berhati-hati untuk tidak bertanya terlalu cepat atau tidak menekan siapa pun untuk merujuk bisnis Anda kepada orang lain.

Menekan seseorang mungkin membuat mereka berpikir bahwa hubungan Anda dengan mereka semata-mata berdasarkan pada perluasan bisnis Anda. Itulah sebabnya Anda harus menunggu waktu yang tepat dan momen yang tepat.

Jika calon konsumen Anda mempercayai Anda dan bisnis Anda, mereka pasti akan merujuknya ke orang lain juga, jadi sumber pembuatan prospek yang belum anda manfaatkan ini tidak boleh terabaikan.

Hadiah dan Kontes – Giveaway Time

Ketika memulai dari awal, perlu untuk melakukan upaya untuk “menghasilkan hadiah Giveaway”. Memilih hadiah yang akan menarik pelanggan Anda adalah faktor make or break. Metode mudah untuk bisnis kecil adalah dengan mengatur kontes giveaway di halaman media sosial mereka.

Promosikan giveaway Anda di Twitter, Instagram, Snapchat, serta LinkedIn untuk menarik lebih banyak audiens.
Setelah mengumumkan pemenang giveaway, pastikan untuk berterima kasih kepada orang-orang yang mengikuti kontes dengan menulis email.

Hadiah harus mencapai pemenang sesegera mungkin jika tidak, strategi tersebut dapat menjadi bumerang dan orang-orang mungkin berbicara negatif tentang bisnis tersebut.

Secara keseluruhan, mendapatkan prospek mungkin tampak sebagai tugas yang sulit pada awalnya, tetapi begitu Anda mulai mengerjakannya, satu strategi lead generation akan mendukung yang lain. Pernahkah Anda menggunakan salah satu dari ide-ide ini untuk bisnis Anda atau berencana melakukannya? Beri tahu kami di komentar di bawah!

FAQ Strategi Lead Generation – Orang Juga Beratanya

Apa yang dimaksud dengan lead generation?

proses untuk mendapatkan prospek calon konsumen potensial untuk meningkatkan penjualan. prospek merupakan hal yang penting dalam mendapatkan sales dalam sebuah bisnis. salah satu metodenya yaitu menggunakan strategi lead generation.

Bagaimana proses lead generatioan?

proses untuk menarik prospek pada bisnis yang kemudian diolah menjadi sebuah penjualan dalam waktu mendatang. dalam prosesnya bisa menggunakan kupon, posting blog, live streaming, sosial media marketing, dan juga iklan berbayar.

Apa itu lead generation marketing?

upaya untuk menghasilkan prospek dengan memanftaatkan platform seperti SEO, sosial media, email, dan juga konten marketing untuk menjangkau calon pelanggan yang potensial seluas-luasnya dan yang sangat erat dan relevan dengan bisnis anda.


Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Lead_generation

https://neilpatel.com/blog/lead-generation-hacks-6-proven-hacks-that-will-grow-your-leads-by-113/


Tinggalkan komentar

andreasem logo

AndreaSEM.com Performance Marketing Specialist: An experienced marketing professional who maximizes results through high-performing marketing strategies.

Rekomendasi

Jasa Iklan Google Ads

Toolbox

Event

Karir